Modem Indihome ZTE ZXHN H108N menjadi access point - yogiadi.web.id

Article Terbaru

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, July 22, 2019

Modem Indihome ZTE ZXHN H108N menjadi access point

Sahabat, perkembangan teknologi membuat teknologi-teknologi lawas menjadi tertinggal dan tergantikan dengan yang baru, itulah yang terjadi pada teknologi ADSL yang pernah berjaya pada awal tahun 2000an. Seiring dengan berkembangnya media transfer data, layanan ADSL saat ini sudah ditinggalkan dan tergantikan dengan Fiber Optic. Hal ini membuat banyak perangkat yang menggunakan teknologi ADSL menjadi tidak laku dipasaran dan dijual dengan harga murah.

Salah satu perangkat yang menggunakan teknologi ADSL adalah Modem ZTE ZXHN H1008N yang dibundling oleh operator Indihome. Seiring dengan berkembangnya layanan Indihome yang menggunakan media transfer data Fiber Optic (FTTH - Fiber To The Home), perangkat modem ADSL tergantikan oleh ONT (Optical Network Terminal). Karena hal diatas, Modem ADSL ZTE ZXHN H108N banyak dijual dipasaran dengan harga yang murah dan bahkan kondisinya seperti baru.

Modem ZTE ZXHN H108N memang digunakan oleh operator telekomunikasi seperti Indihome untuk menyalurkan layanan Internet ADSL, namun fungsi dari modem ZTE ZXHN H108N tidak hanya itu saja, modem ini juga bisa kita fungsikan sebagai DHCP Server, Access Point, WIFI Repeater, dan lain sebagainya.

Sebagai perbandingan, dipasaran harga modem ZTE ZXHN H108N berkisar antara 35rb - 50rb, bandingkan dengan access point TP-LINK yang paling murah ada dikisaran harga 140rb - 180rb. Artinya dengan hanya merogoh kocek 30rb-an kita sudah bisa memiliki perangkat access pont yang bisa digunakan untuk memperluas area wifi dirumah kita.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara memodifikasi modem ZTE ZXHN H108N sebagai access point untuk memperluas jangkauan wifi dilokasi kita. Berikut langkah-langkahnya

1. Merubah SSID / NAMA WIFI

  1. Hubungkan PC / Laptop ke modem ZTE ZXHN H108N menggunakan WIFI / Kabel LAN.
  2. Buka browser dan ketik alamat 192.168.1.254
  3. Login menggunakan:
    usename: support
    password: theworldinyourhand
  4. Masuk ke menu Interface -> Wireless
  5. Ubah SSID dan Password sesuai dengan yang kita inginkan
  6. Klik tombol SAVE dibagian bawah halaman.





2. Disable DHCP Server

  1. Hubungkan PC / Laptop ke modem ZTE ZXHN H108N menggunakan WIFI / Kabel LAN.
  2. Buka browser dan ketik alamat 192.168.1.254
  3. Login menggunakan:
    usename: support
    password: theworldinyourhand
  4. masuk ke menu Interface -> LAN
  5. Ubah settingan DHCP menjadi disable
  6. Klik tombol SAVE




Setelah melakukan langkah diatas, hubungkan kabel LAN dari ONT Indihome ke port LAN 1 modem ZTE ZXHN H108N

Selesai, dengan konfigurasi diatas, modem ZTE ZXHN H108N sudah berfungsi sebagai Access Point yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas sinyal WIFI dilokasi kita.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here