Apa itu CMS Joomla - yogiadi.web.id

Article Terbaru

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, May 25, 2020

Apa itu CMS Joomla

Joomla merupakan Content Management System (Sistem Pengelola Konten) website yang didistribusikan secara gratis dan open source. Kode sumber CMS Joomla bisa dilihat dan dikembangkan secara bebas oleh siapapun.

CMS sendiri merupakan sebuat sistem yang memungkinkan pengguna membuat&mengembangkan website tanpa harus berurusan dengan bahasa pemrograman. CMS memungkinkan kita mengelola konten website seperti artikel, gambar dan video lewat halaman administrator dengan sistem WYSIWYG (What You See Is What You Get / Apa yang kalian lihat, itu yang kalian dapatkan)

Dengan menggunakan CMS Joomla, setiap orang bisa membuat dan mengembangkan website tanpa harus berurusan dengan pemrograman. Terdapat ribuat template / tampilan website joomla yang bisa didownload dan dimodifikasi secara gratis di internet. CMS Joomla bisa dikembangkan untuk berbagai keperluan seperti membuat website untuk Profil Perusahaan, Profil Sekolah, dan lain sebagainya. 

Berbeda dengan blog dimana kita memiliki banyak keterbatasan ketika menambahkan fitur, joomla memiliki Extension yang terdiri dari Componen, Module dan Plugin yang dapat digunakana untuk memperkaya fitur dari website yang dibuat. Extension resmi joomla bisa dilihat dan didownload lewat tautan berikut: https://extensions.joomla.org/

Berikut adalah contoh tampilan halaman Joomla sebelum dikembangkan dan setelah dikembangkan.

Sebelum Dikembangkan (template default joomla)

Setelah Dikembangkan (Contoh 1)

Setelah Dikembangkan (Contoh 2)



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here