Saya dan CMS Joomla - yogiadi.web.id

Article Terbaru

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, May 24, 2020

Saya dan CMS Joomla

Pernah dengar istilah CMS? pernah dengar CMS Joomla?

Tidak apa-apa bila kalian belum pernah mendengar istilah diatas, karena kita akan membahas CMS Joomla!

Saya akan membuat blog series mulai dari instalasi sampai Online!

Sebelum lanjut, karena ini blog pribadi, maka saya akan bercerita sedikit bagaimana saya bisa mengenal CMS Joomla.

Saya mengenal CMS Joomla ketika masih kuliah, sekitar tahun 2007-2008. Kala itu saya diminta untuk membuat website organisasi intra Lembaga Dakwah Kampus Se-Jabodetabek, FSLDK (Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus) Jabodetabek.

Dulu saya belum memiliki skill mumpuni untuk membuat website secara utuh, saya hanya mengerti dasar HTML dan CSS, membuat website hanya menggunakan table  dengan bagian header di atas, menu di kiri, content di tengah dan footer dibawah. Alhamdulillah saat itu akses internet sudah cukup baik, saya bisa menggunakan internet secara bebas di kampus dan di rumah saya jadi saya bisa survey dan belajar cara membuat / mengembangkan Website. Pada pencarian itulah saya bertemu dengan istilah CMS (Content Management System) Joomla.

CMS merupakan kependekan dari Content Management System / Sistem Pengelola Konten, dalam hal ini konten-nya merupakan isi dari sebuah website, baik itu yang berupa tulisan, gambar maupun video. Joomla merupakan salah satu dari banyak CMS yang bisa digunakan secara gratis, selain joomla masih ada Wordpress, Druppal dan lain sebagainya.

Saya pribadi memilih joomla karena dulu pertama kali belajar CMS menggunakan joomla, karena sudah asyik dengan Joomla jadi rada malas untuk belajar CMS lainnya. Dari joomla pula-lah saya belajar mengenai bahasa pemrograman berbasis web (PHP) karena Joomla bersifat Opensource dimana kode program nya bisa dilihat dan dikembangkan secara bebas. Saya ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) kode sumber dari joomla dan belajar tag-tag serta fungsi dari tag PHP tersebut.

Lepas Kuliah ternyata hobi saya "ngoprek" joomla bisa menghasilkan! Bermodal ilmu dari ngoprek Joomla, pekerjaan pertama saya adalah sebagai Web Programmer.

Okeh, cukup cerita tentang saya dan joomla, next mari kita bahas tentang Joomla, saya akan membuat Blog Series Joomla mulai dari pengenalan, instalasi sampai joomla kita bisa diakses secara online via internet.

Berikut outline blog series yang akan saya buat:
1. Apa itu CMS Joomla.
2. Menjalankan CMS Joomla secara Offline
3. Instalasi CMS Joomla
4. Mengenal Component, Module dan Plugin CMS Joomla
5. Membuat Categories, Artikel dan Menu
7. Mengelola Media (Gambar) CMS Joomla
6. Mengelola Tampilan Joomla
8. Mengenal Hosting dan Domain
9. Mengupload CMS Joomla ke Hosting Provider

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here